Random Posts

Friday, May 8, 2009

yang paling penting

Kejadian hari ini...
dalam satu rentang dua puluh empat jam ini, lima kali kata “yang paling penting” ini berulang masuk ke telingaku:


1, semalam seorang teman bercerita padaku tentang “perjuangan” hidupnya, yang harus membiayai ibu dan adik-adiknya selain istri dan anak-anaknya. Karena dia sedang mencurahkan apa yang tengah dia rasakan…maka aku mengambil posisi “ember”…duduk manis... mendengarkan ceritanya. Dari semua cerita tentang “kesulitannya” itu..ada satu kalimat yang tersisa di hatiku “Kalau aku..yang paling penting itu “perut”…kalau perut ga diisi makanan…gimana mau kerja…ya ga Kaan?”

2, seorang temanku yang sedang merintis usahanya, berambisi untuk menjadi pemain tunggal di daerahnya…dia sampaikan padaku bagaimana strategi-strateginya telah mencapai hasil yang memuaskannya…katanya:  “…Kaan, yang paling penting uang…tapi gua mau uang bekerja buat gua bukan sebaliknya.”

3, lewat handphone…temanku yang sedang dalam perawatan bercerita tentang operasi yang baru dia jalani. Dia menyimpulkan : “…memang bener An, yang paling penting itu sehat…”

4, selesai mengajar…aku berbincang-bincang dengan kawanku, seorang pengusaha sukses yamg baru saja bangkrut. Bertiga dengan salah seorang peserta kursus, kami bincang-bincang tentang situasi pasar yang kurang kondusif saat ini, kiat-kiat apa yang mungkin ditempuh dan seperti apa kemungkinan-kemungkinannya. Karena peserta kursus itu begitu antusias, sementara dia baru lulus SMU…aku tanyakan: "Apa yang memotivasinya untuk berbisnis?" Karena sangat jarang pemuda seusianya punya Keinginan, Pandangan, malah telah dituangkan dalam rencana-rencana..yang dia patuhi dengan menjalani rencana-rencananya itu. “Bagiku yang paling penting itu sukses mas.” jawabnya lancar.
Lalu temanku yang pengusaha tadi, yang terkenal diantara teman-temanku sebagai seorang yang ulet…teguh dalam membangun kerajaan bisnisnya dan “bertangan uang”..apa saja yang di kelolanya selalu menjadi uang...angkat bicara: “Sukses gampang mas, Istiqomah...mempertahankannya yang sulit..dan itu yang paling penting.”..dan ini yang 
ke5

Itulah gambaran kebesaran Allaah, Yang Maha Besar, dan Sempurna KebesaranNya,
Allaah membuat beragamnya arti…walau hanya dari seuntai kata…”yang paling penting”.
Sama seperti tanggapanku pada kelima temanku tadi…"Sudahkah kita menjadikan Allaah yang paling penting" 

Karena…..
hanya Allaah (Yang Maha Besar, Maha Perkasa, Maha Kuasa, Maha Berkendak, Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Yang KesucianNya & KeagunganNya…suka tidak suka, sadar tidak sadar, di Tasbihkan oleh Seluruh Makhluk yang ada di Langit dan di Bumi..dari Awal penciptaan alam semesta ini hingga Akhirnya nanti, Penguasa yang Ghaib dan yang Nyata, Rajanya Manusia, Yang Tidak Berawal & Tidak Berakhir, Yang Tidak Terpengaruh Dengan TindakanNya, Yang Maha Tunggal & Tidak Tersaingi) lah….Yang tau apa yang paling penting untuk kita.
--------------------------------------

With Love
-Kaan Kahfi-

Silahkan jalan-jalan ke Tulisan Kaan Kahfi lainnya. Atas kunjungannya saya haturkan banyak terimakasih.