Random Posts

Monday, April 6, 2009

UANGKRASI

Kemajuan atau Kemunduran: Memilih yang tak dikenal? 
"Lucu juga liat Bapak-Bapak, Ibu-ibu, itu rebut-rebutan simpati. Ga tau darimana aja datangnya, siapa mereka, dimana selama ini...aku ga tau. Yang jelas...tau-tau...tingggg...nempel begitu aja! Di tiang-tiang listrik, pagar dan dinding toko dan rumahku,...(rumah temenku juga...toko temen-temenku juga..temen-temen SD ku juga)....di jalanan, warung-warung, tiang-tiang listrik sampe ke tempat-tempat ibadah!

Dan posenya...hahaha...ampuuuun. Ada yang maen silat, tinju, pake baju dokter, pake baju jawara, baju kiai, malah ada yang pake “backing picture” (bukan backing vocal lho) foto bapaknya yang artis atau public figure...mau masih hidup atau udah mati..ga peduli...hahaha.

...eh tapi ada yang lebih lucu lagi_ada yang posenya sama anaknya_terus ada balon-tulisan__kaya di komik gitu__nunjuk ke anaknya__tulisannya: ARTIS SINETRON TITIK TITIK.....hahaha Pengen diaku...

Pada bae-bae banget lagi......ga tau emang orangnya bae? Atau nge-bae-bae-in supaya aku dan karyawan-karyawanku__dan semua orang (baca: Target) pada milih dia.

Pada suatu hari, indahnya pepohonan di depan toko terusik, ada yang masang baliho CALON anggota legislatif guedhe banget, tulisannya, yah biasalah....jaim-jaim basi geto:

marilah kita titik-titik, 
bersama kami kita titik-titik, 
pilih kami supaya titik-titik, 
Colok kami...

wah..untung gambarnya bukan perempuan...mmmm...kalo dicolok beneran marah ga yah??? hahaha.....canda pak! 

Yang pasti ga lah__mereka ga bakal marah__kan mereka calon pemimpin__pasti sudah bisa menguasai kemarahannya__kalau istilahnya Kho Ping Ho__memiliki Batin Yang Kuat, yang tidak lumrah manusia pada umumnya (baca rakyat)....cieeee...

Sambung cerita...

sore itu mati lampu, aktivitas toko-toko se-komplek ruko sekitar jadi terhenti..aku dan karyawan jadi memperhatikan baliho tersebut.

Ada yang bertanya itu siapa.?
Ada yang menyayangkan editan gambar dan posenya yang kaku.
Ada yang sebel karena baliho itu menghalangi pepohonan yang biasa diliatnya.
Malah ada yang mengomentari: Ga ada foto yang lebih bagus apa?!

Cerita banner seperti itu ternyata lagi “in” dimana-mana, yang kalau dibikin statistik__banyakan yang ga senengnya daripada yang senengnya! Selain kurang ajar masang iklan sembarangan, ga nganggep yang punya rumah / tembok / pager, ngotorin lingkungan, juga muak_Jijik!


Alhamdulillaah orang-orang sudah tau kalau itu hanya iklan. 
Ibu penjual nasi uduk berkata: Halahh itu akal-akalan doang, biar kepilih aja! Ga ngaruh!!!

Tadi juga aku ga sengaja liat tipi, Gelora Bung Karno penuh sama anggota Partai!
Wow!!! 
Hebat juga yah masanya bisa nurut begitu! 
Pas baca-baca berita jelasnya.....
Ternyata!!! 
Rupanya penuhnya Gelora Bung Karno itu karena pesertanya di iming-imingi duit!!!

Aku lantas jadi termenung.

Aku Shock!!!

“Oh jadi dibayar!”
“Ya iyalah...hari gini?? Secara!!!..Duit geto lohh!!!”
”Bukan gitu..........kirain massa-nya beneran!! Fans lah kalo aku di musik!! Lha kalo aku manggung yang dateng kan fans!! Mereka yang bela-belain bayar tiket!! Bukan aku yang bayar!!”
“Ya beda laah!”
“Jadi apa namanya dong? Kalo yang tampil yang bayar penonton? Udah Sewa Panggung uang sendiri, iklan juga............Super_Duper_Narsis_Amat!!!”
“Ya kan ada yang nyumbang, malah sampe Lima em lho..”
“Hah!!”
“Itu batas per-orang-nya lho...Lima-Em...tapi belum kali-kali-nya! Belum kali berapa banyak yang nyumbang!!”
“Gila!!..buat apaan???!!!!”
“Yah biar menang lah...kalo menang kan berkuasa...kalo dah berkuasa..Lima-Em mah keciiil!!!!!!!!!!! Udah ga Em lagi maenannya!!! Tapi Tee!!!”
“Gubrak..(aku pingsan....(seolah-olah))

Sejenak aku tenangkan diri, aku mengambil nafas panjang, dan ku-usap peluh terkejutku. Lalu membatin dalam hati....Sudah segila inikah???

Tapi temanku ini masih menambahkan...

“Itu belum seberapa bro..malah nih..ada yang nyumbang dari hasil nyuri...bahasa kerennya Korupsi..dia pilih calon yang bisa ngelindungin curiannya!”
“Ampuuuuuun..udah ahh! Mau muntah dengernya!! 
Bukan apa apa...iya kalo terpilih!!!
Kalau menang!!!
Kalo ga? Kalo kalah?.. 
Pasti ribut!! Gontok-gontokan!!! Bunuh-bunuhan!!!!
Malah bisa gila!!! Kaya kejadian calon bupati yang bugil itu!!! 
Itu kan udah jelas tanda-tandanya!!!..
Astaghfirullaahal'aziim!!!!
Ya Allaah..ampuni kami”

Lalu teman hitamku itu pergi.

Teman cahaya yang dari tadi diam...
berkata:

“Sudahlah..jadikan pelajaran saja.
Begitulah jalan cinta..
Sang Cinta selalu bersama kita tapi kebanyakan kita tidak tau.
Semakin jauh kita mengabaikanNya, semakin keras daya tarikNya_yang orang-orang namakan itu masalah.
Sementara yang diinginkan Sang Cinta hanyalah Cinta.
Kita hanya berkehendak untuk Cinta dan bersungguh-sungguh untuk Cinta.
Dan dijalan cinta sejati itulah segala persoalan menjadi Syukur_bukannya masalah.
Di jalan itulah segala akibat menjadi Cinta dan menjadi tebaran Cinta untuk Pecinta yang lain.
Yaitu yang mencari dan dicari.
Yang menyadari dan belum menyadari.
Dan akan terus terjadi sampai keyakinan sesungguhnya yaitu kematian_datang menjemput.
Dan saat itulah baru kita mengerti.
Bahwa kita baru berada diawal dari jalan Cinta nan panjang dan abadi.
Bersungguh-sungguhlah!
Lakukan yang terbaik!
Dan fokuslah pada Cinta.
Karena Cinta tidak pernah meninggalkan kita_Kitalah yang meninggalkan Cinta.”

“Cinta??”
“Yah Cinta_sahabatku.”
“Berarti aku harus pacaran, cium-ciuman terus em el_seperti di pilem pilem atau di tipi tipi gitu?”
“Itu cinta yang dibentuk sahabatku. 
Yang kita butuhkan adalah cinta sejati.
Yang sudah ada sebelum semua ini ada_dan selalu bersama kita.
Lihatlah alam ini.
Lihat kau tumbuh__bernafas___jantungmu yang masih berdetak__dan tidak pernah berhenti.
Belum lagi pemberian yang lainnya.
Ingat-ingatlah semua itu saudaraku.
Karena itu akan mendekatkanmu pada Sang Cinta.
Jangan menyerah!
Jangan menyerah saat kau jatuh bangun.
Dan jangan takut kau akan jatuh lagi.
Sadari dan Rasakan bahwa Cinta selalu bersamamu.”

Sesaat sebelum dia pergi....

“Dan ini untuk mengobati kekecewaanmu pada keadaan saat ini sahabatku.” 
Sahabat cahayaku berkata sambil menyerahkan secarik kertas bertuliskan:

03:140

28:77

08:63

16:52 

08:02 
13:28

Sesampai dirumah aku segera mencari Al-Qur'an, aku baca terjemahannya. Ingin segera aku ketahui pesan sahabat cahayaku itu. Belum lagi kubaca_Kudapati Kitab itu sudah berdebu! Tergeletak sekian tahun diatas lemari!

Tidak pernah kubaca, kalah menarik dari bacaan-bacaan lain! Kalah menarik dari facebook..

Tidak pernah dipelajari! Kalah menarik dari pelajaran-pelajaran lainnya! Kalah menarik dari litbang!

Tidak pernah diikuti! Kalah dari artis dan trend yang aku ikuti!

Tidak pernah aku hayati! Kalah dari penghayatanku pada makan dan bersetubuh!

Bahkan tidak pernah kusanjung_aku muliakan! Kalah dari Personel grup Rock N Roll yang kupuja! Aku muliakan dengan Poster-poster dan Merchandise-nya yang aku koleksi!

Menangis?

Malu?

..hmmmmmmmmmmmmm Tiada guna!!!..

Lebih baik ku baca saja!!!

(03:140):

..Dan masa kejayaan dan kehancuran itu, kami pergilirkan diantara manusia agar mereka mendapat pelajaran..

(28:77):

Dan carilah pada apa yang telah dianugrahkan Allaah kepadamu negeri akhirat, 
dan janganlah kamu melupakan kebahagiaan dari dunia, 
dan berbuat baiklah kepada orang lain 
sebagaimana Allaah telah berbuat baik kepadamu, 
dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi. 
Sesungguhnya Allaah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan.

(08:63): 
Dan yang mempersatukan hati mereka, walupun kamu membelanjakan semua kekayaan yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allaah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

(16:52):

Dan bagi-Nya apa-apa yang ada dilangit dan dibumi, dan bagi-Nya ketaatan yang selama-lamanya. Maka apakah kepada selain Allaah kamu menyembah?

(08:02):

Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut Allaah maka gemetarlah hati mereka.

(13:28): 

..yaitu orang-orang yang beriman 
dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allaah. 
Ingatlah, hanya dengan mengingat Allaah hati menjadi tenteram.


Aku jadi keinget Bapak-Bapak CA-Leg itu__pede-pede banget yah!! Saling serang mengatas namakan rakyat!! Bener sih__Rakyat Partainya Hahaha!!
Liat aja kalo mereka ngejelekin partai lain__atau ga terima kalau partainya kalah__atau dianya ga kepilih!! Berarti dia cuma ngebela partainya dong! Ngebela kebenarannya sendiri!! Lalu ditutup tameng__dijadikan Bumper__Agamanya__Tuhannya!!!

Tuh kan sahabat hitamku ngoceh lagi!!

Ya-udah ga apa apa!!
Sang Cinta tengah berbicara pada Bapak-Bapak-Ibuk-Ibuk-Caleg itu!! Maklum yang diperebutkan kan posisi Pemimpin. Ppemimpin itu kan tangan-tangannya Tuhan. Wajar aja kalo Gaya(F) dan Daya tarik Cintanya besar sekali. 
Semakin jauh_semakin ditarik_semakin rindu. 
Karena Sang Cinta hanya merindukan Cinta.
yah bener jadi lucu...
hahaha...
Bapak lucu...
Maapin saya yah Bapak-Bapak.
Maapin saya yah Ibuk-Ibuk.
Maapin teman hitam saya juga yah...
Maapin teman-teman saya juga yah...
teman-teman SD saya juga yah...Maapin karyawan saya juga yah...
Maapin diri Bapak juga.
Maapin diri Ibuk juga.

--------------------------------------

With Love
-Kaan Kahfi-

Silahkan jalan-jalan ke Tulisan Kaan Kahfi lainnya. Atas kunjungannya saya haturkan banyak terimakasih.